Tabran Rumonin
03 Nov 2020 20:57 WIT

Kapolsek Sosialisasikan Peraturan Bupati SBB Nomor 3 Tahun 2015

Liputan Seram Barat-Kapolsek Kairatu Timur, IPTU Idris Mukadar, S. Hi. Mengelar sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), nomor 3 tahun 2015 tentang penertipan hewan ternak.

Kegiatan sosialisasi perdana tersebut, dilaksanakan di Desa Rimahkay, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), yang melibatkan seluruh peternak yang ada di Desa Rumahkay.

Dalam pertemuan itu, Kapolsek menjelaskan terkait dengan jenis-jenis binatang ternak yang harus di tertipkan, yaitu Sapi, Kerbau, Kambing, Babi serta Anjing dan sejenisnya, sesuai Perbup nomor 03 tahun 2015.

"Jika Hewan Ternak Liar akibat dari kelalaian para peternak maka pemilik hewan akan berhadapan dengan hukum, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada di KUHP yaitu Pasal 548 KUHP dan pasal 549 KUHP, " kata Kapolsek Idris Mukadar, saat memberikan sosialisasi terhadap masyarakat pemilik ternak Desa Rumahkay, Selasa (3/11/20).

Dalam isi Perbup nomor 3 tahun 2015, Kapolsek menjelaskan, penertiban hewan ternak di sertai dengaan sangsi-sangsi atau hukuman dan denda, hal itu akan dikenakan, jika para peternak lalai dalam mengurus hewan ternaknya dan membiarkan berkeliaran di badan jalan.

"Bila terjadi kerusakan atau hewan ternak memakan tanaman warga atau terjadi kecelakaan, laka lantas akibat hewan peliharaan yang tidak di kandangkan, atau tidak diikat sesuai peraturan bupati tersebut, maka resiko menjadi tanggungjawab pemilik ternak, " tandas Kapolsek berpangkat dua balak itu.

Dikatakan, maka dari itu peternak diharuskan untuk membuat kandang dan memberi tanda pada hewan pemeliharaannya, seperti yang tertuang dalam Perbup Kab, SBB, pasal 5 dan pasal 6 tersebut.

Selain itu, Kapolsek juga meminta kepada Pemerintah Desa Rumahkay untuk membuat PERDES menindak lanjuti Perbup Nomor 03 tahun 2015 tentang penertiban hewan ternak.

"Giat sosialisasi tersebut, mendapatkan tanggapan positif dari para peternak di Desa Rumahkay, dan puluhan pemilik ternak yang hadir mengikuti kegiatan saat itu pun, mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian, dalam hal ini Polsek Kairatu Timur, dalam memberikan sosialisasi, karena selama Perbub disahkan sampai saat ini, baru kali pertama, disosialisasikan, " kata Kapolsek.

Dilanjutkan, Kapolsek, para peternak di Desa Rumahkay juga bersedia mentaati dan menjalankan peraturan yang telah di keluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (SBB) Nomor 03 tahun 2015 tentang penertipan hewan ternak tersebut.

"Kegiatan sosialisasi ini akan di laksanakan di setiap Desa se-Kecamatan Amalatu, di wilayah hukum Polsek Kairatu Timur,'' tandas Kapolsek, kepada Media ini melalui pesan resminya.(tbr)

1 Suka
Abdullah
24 hari