Tabran Rumonin
04 Nov 2020 09:18 WIT

Kapolsek Mukadar, Hadiri Maulid Nabi di Latu, ini Ceramahnya

LIPUTAN SBB--Kepala Kepolisian (Kapolsek) sektor Kairatu Timur. IPTU Idris Mukadar, S. Hi, menghadiri perayaan Maulid Baginda Nabi Muhammad Salallahu Alihi Wasalam (SAW). 1442 H, di tahun 2020.

Peryaan maulid itu digelar komunitas alumni angkatan 2002 Desa Latu Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Perayan maulid tersebut dipusatkan di gedung balai desa Negeri Latu, pada Selasa (3/11/20) Malam.

Dalam kegiatan keagaman tersebut, para peserta Majelis yang hadir masing-masing, membacakan lantunan ayat suci Al-Qur'an, dan dilanjutkan dengan pembacaan Rawih sebagai cirihas perayan Maulid Nabi tersebut.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ceramah Maulid yang di bawakan oleh Kapolsek IPTU Idris Mukadar, yang bertema "Mari Sama-Sama Teladani Ahlak Rasulullah Dalam Kehidupan Sehari-Hari,".

Dalam cerahma Kapolsek saat itu Dia menyampaikan, banyak sifat-sifat Baginda Nabi Muhammad SAW, yang harus diteladani dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Dalam kehidupan, wajib melaksanakan perintah Allah Subahannahuwataallah, (SWT), dan menjauhkan laranganNya, hal tersebut, merupakan dasar ajaran Baginda Nabi, karena dengan ketaatan kepada Allah SWT merupakan ajaran Baginda Nabi, yang bersumber dari Kitabullah (Al Qur'an) dan As Sunnah (Al Hadist)," kata Kapolsek saat membawahkan cerahmnya malam itu.

Selain itu, Dia juga menjelaskan kepada para majilis bahwa untuk selalu bersabar, Karena salah satu sifat Nabi Akhir Jaman Muhammad SAW, adalah sabar.

"Dalam kehidupan kita harus banyak bersabar menghadapi setiap permasalahan hidup, dan sifat sabar ini erat kaitannya dengan sholat, yang telah digambarkan dalam Firman Allah SWT, " ungkapnya.

Kapolsek dalam cerahmnya menyebut, "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai, Penolongmu sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.(Q.S.Al Baqorah :153),.

Tidak hanya itu, Kepala Kepolisian Wilaya Kairatu Timur itu, juga mengajak, Jamaah untuk perbanyak bersalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, karena semakin banyak bersalawat kepada Nabi di Alam Jagat Raya ini maka Allah SWT akan memudahkan dan mendatangkan Rahmat, melepaskan belenggu Kesukaran, menjauhkan segala mara bahaya, dan menghapuskan dosa-dosa dan membuka jalan menuju surga serta terhindar dari siksaan Api Neraka.

Lanjut Kapolsek, barang siapa bersalawat kepada Nabi sebanyak 1 kali maka Allah SWT akan bersalawat kepadanya 10 kali, dan orang yang paling dekat dengan Baginda Nabi nanti, adalah orang yang paling banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad di akhirat nanti.

Diakhir cerahmanya Kapolsek, juga mengajak Jamaah untuk saling mencintai dan menyayangi, antara sesama manusia dan mahluk lain, serta mencintai Alam semesta karena dengan mencintai Manusia dan mahluk yang ada di muka bumi ini maka sudah tentu mencintai sang penciptanya yaitu Allah SWT.

Pantauan media ini, turut hadir dalam perayan Maulid Nabi tersbut, Camat Amalatu Rafli Alidrus, KUA Ke. Amalatu Bapak Basri Mussa, serta staf pemerintah Negeri Latu, dan juag puluhan Majilis Ta'lim. (tbr).

1 Suka
Abdullah
24 hari